Pertemuan 15 Juni 2012 | Kinetik

Foto Oleh : Sigit S & Juve Sandy

***

Kawan-kawan nanti malam kita kumpul jam 8 di kinetik (tempat bisa berubah kalau ada saran)

Kurang lebih seperti itu SMS yang saya kirim ke teman-teman kinetik. Dan yang sudah di kinetik ada si juve dan boncel, lalu tak lama eko juga tiba. Sebagai pembuka mari kita ngobrol-ngobrol tentang peta Surabaya yang baru saya beli dan membuka kembali buku tebal yang kami sebut sebagai kitab kami. Lalu eko bercerita pengalamannya keliling-keliling kampung malang kemarin malam, dia melihat ada rumah yang berbeda dibandingkan rumah-rumah yang lain di perkampungan kampung malang, ada sebuah rumah besar, bagus dengan penjagaan satpam pula yang notabene sangat jarang ditemui dikawasan kampung malang. Eko penasaran dan berusaha mencari tahu siapa pemilik rumah, menurut informasi yang dia dapat, ternyata rumah tersebut adalah rumah mantan walikota Surabaya.

Setelah eko menceritakan pengalamannya itu, tak lama kemudian saya pun mempunyai sebuah ide untuk membuat video rekaman bebas mengenai daerah tempat tinggal mereka masing-masing. Saat itu kami mulai membuat sesuatu :)

By : kadeer

***

Beberapa saat sebelum jam kantor berakhir, saya menerima pesan singkat dari kadeer yang menginformasikan nanti malam kita berkumpul di kinetik, untuk kegiatan rutin kita. Itu mengingatkan saya pada tugas-tugas riset yang sebelumnya belum saya kerjakan karena faktor sibuk, sibuk mencari kesibukan. Hehehe….

Setelah pulang kerja, saya pun bergegas pulang untuk istirahat sejenak dan berganti pakaian, karena sebelumnya saya lupa membawa pakaian ganti. Setelah sesampainya dirumah, saya baru ingat kalau ada janji kerumah teman untuk mengambil sebuah buku dari pramoedya ananta toer yang sebelumnya sudah ia berikan kepada saya sebagai hadiah (saya ucapkan terima kasih kepada Adinda kinasih atas pemberiannya). Sebelum menuju ke kinetik saya mampir kerumah dinda. Sesaat kemudian pijar pun mengirim pesan melalui BBM kalau dia mau nebeng ke tempat kinetik, saya pun bilang ke pijar mungkin agak sedikit terlambat dari jadwal karena ada urusan (saya meminta maaf kepada pijar karena menunggu terlalu lama). Setelah dari rumah dinda, saya pun kembali menjemput pijar yang terlihat sudah menunggu lama dipinggir jalan sendirian.

Sesampainya ke kontrakan kinetik, sudah terlihat kawan-kawan yang lain sudah terkumpul, saya masuk bersama pijar dan menyapa yang lain, tapi ada kegiatan yang berbeda saat itu, bukan suasana rapat yang saya lihat, tapi lebih seperti proses wawancara di depan kamera, ternyata lagi ada pengambilan video yang menceritakan mengenai daerah tempat tinggal masing-masing, salah satu ide kreatif dari kadeer. Tak lama setelah saya dan pijar datang, kita langsung saja ikut bergabung bermain-main bersama.

Menceritakan daerah tempat tinggal masing-masing tema “permainan” kita malam itu, kebetulan rumah saya, pijar dan sony berdekatan dan satu kawasan, bukan merupakan daerah yang spesial menurut saya, tapi menjadi menarik ketika saya berasama pijar dan sony menceritakan kesinambungan antara tempat tinggal kita. Malam itu pun semakin ramai dan yang sebelumnya konsep pengambilan video yang memaparkan daerah masing-masing, berubah menjadi semacam acara talk show yang lagi mempromosikan suatu tempat pariwisata. Hahahahahahaha……

Berawal dari ide main-main kita mempunyai banyak rencana untuk mengolah data dan video  yang ada untuk menjadi beberapa karya, itu yang kami sebut permainan yang menghasilkan sesuatu. Semoga terealisasikan J

By : Sigit S

 ***

Sekilas Video / Video spontan diambil menggunakan kamera ponsel oleh juve sandy

Leave a Reply

